Senin, 12 Oktober 2009

SCM (Suply Chain Management)

Sebenernya apa sih yang dimaksud SCM??
Kita ulas dari pengertian SC dulu ya.. ^^
SC adalah Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-samauntuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang
dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir).


Sedangkan SCM (Suply Chain Management) adalah adalah manajemen terhadap aliran antar dan diantara tahapan supply chain untuk memaksimalkan profitabilitas keseluruhan supply chain. Berikut contoh struktur pada perusahaan biskuit pengalengan dari SCM :


Gambar diatas menggambarkan Rangkaian atau jaringan yang terbentang dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir). Di situ dijelaskan alur dimulai dari para pemasok bahan baku (hulu) yang kemudian menyalurkannya kepada perusahaan biskuit kalengan tersebut. 

Contoh : Perusahaan biskuit kaleng tentunya menggunakan kaleng untuk mengemas hasil produksinya, maka dari itu perusahaan tersebut memerlukan kaleng yang ia dapat dari pemasok penghasil kaleng. Sedangkan pemasok penghasil kaleng mendapatkan bahan bakunya dari industri baja dan timah, industri baja dan timah mendapatkan bahan bakunya dari para pengumpul baja dan timah (hulu) dan seterusnya, sampai pada akhirnya bahan produksi tersebut bisa disalurkan ke Alfamart (pusat). Alfamart (pusat) disini bertindak sebagai distributor sekaligus grosir (Wholesaler), kemudian dari Alfamart (pusat) biskuit tersebut disalurkan ke Alfamart (cabang). Alfamart (cabang) disini bertindak sebagai pengecer (Retailer). Dan pada akhirnya biskuit tersebut sampai pada End Customer (Pelanggan Terakhir) yang bisa disebut juga hilir.

Contoh diatas merupakan penggambaran siklus SCM dari hulu ke hilir ^_^.
 

0 komentar:

Posting Komentar